Menu
Temukan Berbagai Macam Artikel Informatif hanya di Alpabet.ID

Jurusan Kuliah IPS

  • Bagikan
Pilihan Jurusan Kuliah IPS Dengan Jenjang Karir Menarik

Untuk bisa enjoy menikmati masa-masa kuliah, ada banyak cara yang bisa Kamu lakukan. Tentu upaya ini bisa Kamu lakukan bahkan jauh sebelum masuk ke dunia perkuliahan, yakni dengan cara memilih jurusan yang cocok untuk Kamu.

Jika Kamu bisa memilih jurusan yang sesuai dengan keinginan, passion, dan skill yang dimiliki, tentu masa menimba ilmu di bangku kuliah akan terasa lebih menyenangkan bukan?

Sayangnya, membuat keputusan untuk menentukan jurusan kuliah bukanlah hal yang mudah. Bahkan, mungkin banyak diantara Kamu yang masih belum paham ilmu-ilmu yang akan dipelajari dari masing-masing jurusan, baik jurusan kuliah IPS maupun IPA.

Buat para Kamu SMA yang saat ini berada di jurusan IPS, dan masih bingung menentukan jurusan yang akan diambil nanti. Yuk cek dulu beberapa rekomendasi jurusan kuliah terbaik bagi anak IPS berikut ini, siapa tahu bisa jadi referensi Kamu.

1. Ilmu Hukum

Jurusan ilmu hukum merupakan salah satu primadona bagi anak-anak IPS. Saat masuk jurusan ini, Kamu akan mempelajari tentang teori hukum, baik yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat ataupun bisnis.

Sesuai dengan yang Kamu bayangkan, jika jurusan ini akan menuntut Kamu untuk banyak menghafal. Yups, deretan pasal-pasal dalam UUD dan dasar-dasar hukum harus Kamu hafalkan, untuk dijadikan sebagai landasan menyelesaikan perkara. Kemampuan berkomunikasi secara baik juga akan sangat dilatih disini.

Dengan berbekal ilmu yang didapatkan semasa kuliah, nantinya Kamu bisa bekerja di perusahaan negeri maupun swasta sebagai staf HRD maupun staf legal.

Sementara untuk bisa menjadi pengacara, hakim, jaksa, atau notaris, Kamu harus melanjutkan pendidikan kembali ataupun mengambil pendidikan profesi.

2. Manajemen Bisnis

Kamu memiliki minat yang besar dalam dunia bisnis? Manajemen bisnis adalah salah satu jurusan kuliah IPS yang sangat menjanjikan. Sesuai namanya, dalam jurusan ini Kamu akan banyak belajar tentang manajemen pengelolaan bisnis.

Mulai dari perancangan, pengelolaan hingga operasi bisnis akan dikupas tuntas selama Kamu duduk di bangku kuliah. Selain itu, Kamu juga bisa memaksimalkan skill berbisnis yang dimiliki dengan mulai menjalankan usaha sejak dari kuliah.

Jurusan ini sangat cocok untuk Kamu yang setelah lulus nanti bercita-cita menjadi seorang pengusaha. Atau bisa juga masuk ke jenjang karir di perusahaan sebagai staff manajemen.

3. Desain Komunikasi Visual

Desain komunikasi visual atau yang lebih akrab disebut DKV merupakan jurusan kuliah yang mulai banyak dilirik lulusan IPS. Ya, bila beberapa tahun sebelumnya, DKV masih memiliki peminat yang terbilang kecil, namun seiring bertambahnya waktu, jurusan ini mulai banyak diminati.

Hal ini terjadi karena perkembangan dunia digital serta industri hiburan yang sangat signifkan. Dimana jenjang karir untuk para lulusan desain komunikasi visual ialah menjurus pada dunia digital dan hiburan.

Semasam mengenyam pendidikan di jurusan desain kominikasi visual, Kamu akan banyak mandapat materi terkait seni grafis terapan. Kemudian bagaimana menempatkan ilmu grafis menjadi meda komunikasi yang mengacu pada fungsi tertentu. Wah, terdengar menyenangkan ya?

jurusan kuliah ips

4. Ilmu Ekonomi

Berbeda dengan jurusan kuliah IPS sebelumnya, yang lebih banyak diminati generasi milenial. Jurusan ilmu ekonomi ini merupakan salah satu jurusan favorit orang tua, mengingat jenjang karirnya yang lebih pasti.

Secara umum, ilmu ekonomi akan banyak membahas dunia ekonomi secara luas (makro). Keadaan perekonomian dalam lingkup negara bukan lagi menjadi pembicaraan aneh dalam jurusan ini. Kamu juga akan banyak dijejali dengan materi analisis ekonomi ataupun kebijakan-kebijakan ekonomi.

Tentunya jurusan ilmu ekonomi juga tidak jauh-jauh dari yang namanya hitung-hitungan matematika. Yang mana pendekatan antematis sangat perlu dilakukan  untuk melakukan analisis ekonomi. Jadi, buat Kamu yang ingin masuk ke jurusan ini, harus bersiap dengan ilmu matematika seperti fungsi linear, matriks, kuadrat dan lainnya ya!

Nah, setelah berhasil menjadi Sarjana Ilmu Ekonomi, Kamu bisa memulai jenjang karir di pemerintahan, lembaga keuangan ataupun bank.

5. Sosiologi

Siapa sangka, dari sebuah interaksi sederhana yang dilakukan satu orang dengan yang lainnya, dapat berdampak panjang dan berkelanjutan. Nah, dari dasar inilah mahasiswa sosiologi akan membedah segala hal tenang sosialisasi.

Tentu tidak sesederhana yang Kamu bayangkan, karena bentuk dari interaksi itu sendiri sangat beragam. Ditambah lagi dengan kondisi lingkungan yang jauh berbeda, antara satu tempat dengan tempat lain. Sehingga tak heran jika ilmu yang dipelajari pun lingkupnya cukup luas.

Lulusan jurusan sosiologi bisa menjadi seorang Sosiolog, atau peneliti sosial. Buat Kamu yang terus menggembangkan skill di dunia digital, juga bisa menjadi seorang spesialis media sosial.

6. Ilmu Politik

Pernah bercita-cita menjadi seorang Presiden atau Menteri? Dimulai dengan masuk jurusan ilmu politik, Kamu bisa perlahan mewujudkan cita-cita besar tersebut.

Jurusan kuliah IPS ini pun dibagi dalam dua fakultas, yakni ilmu sosial dan ilmu politik atau FISIP. Namun secara umum, keduanya akan banyak membahas teori politik, dan dibekali dengan praktik-praktik politik.

Para mahasiwa ilmu politik akan benar-benar dilatih agar bisa bersikap kritis dan banyak melakukan riset dalam menganalisa fenomena-fenomena yang terjadi di dunia. Dimana, setiap fenomena ini umumnya akan memberi dampak pada dinamika struktur politik negara.

Meski sudah menapaki langkah awal, namun setelah lulus dari jurusan ilmu politik, Kamu harus banyak berjuang lagi untuk sukses dalam karir. Tahapan karir bisa Kamu jajaki, seperti menjadi peneliti politik, konsultan politik, bergabung dalam partai dan menjadi anggota parlemen atau menjadi seorang politikus terkenal.

Beberapa jurusan kuliah IPS di atas tampaknya akan terdengar menarik, jika cita-cita atau passion yang Kamu miliki sesuai dengan ilmu yang dipelajari dari masing-masing jurusan. Jadi kembali lagi, untuk memilih jurusan yang tepat, Kamu harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti passion, skill, cita-cita dan prospek karirnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *