Menu
Temukan Berbagai Macam Artikel Informatif hanya di Alpabet.ID

Mata Kuliah Teknik Otomotif

  • Bagikan
mata kuliah teknik otomotif alpabetid

Kamu bingung memilih jurusan dan senang dengan hal-hal berkaitan dengan kendaraan? Jurusan teknik otomotif menjadi pilihan yang tepat. Kamu harus menempuh berbagai mata kuliah teknik otomotif nantinya ketika menjadi seorang mahasiswa.

Pada jurusan teknik otomotif, kamu akan mempelajari berbagai hal mengenai proses dalam pembuatan dan pengoperasian kendaraan yang beroperasi, seperti motor, mobil, truk, bus, dan kereta. Namun, nantinya kamu juga dapat memilih salah satu bidang khusus yang memang ingin ditekuni.

1. Matematika Teknik

Pada mata kuliah matematika teknik akan diajarkan beberapa materi di antaranya teori, konsep dasar, dan aplikasi matematika teknik. Mahasiswa akan dapat menjumpai dan dapat menyelesaikan berbagai permasalahan dalam mata kuliah jurusan teknik otomotif dengan matematika teknik.

Selain itu, mahasiswa juga akan mempelajari diferensial fungsi, limit, kekontinuan fungsi, dan integrasi fungsi.

2. Alat dan Pengukuran Teknik Otomotif

Perkuliahan alat dan pengukuran teknik otomotif dilakukan dengan metode tanya jawab, diskusi, dan penjelasan materi atau ceramah. Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan diberi berbagai pemahaman dunia otomotif.

Materi yang akan disampaikan meliputi klasifikasi pengukuran, jenis dan fungsi alat ukur, cara menggunakan alat ukur, kalibrasi alat ukur, sifat umum alat ukur, tingkat ketelitian alat ukur, perbaikan dan pemeliharaan alat ukur.

3. Dasar Teknologi Otomotif

Merupakan salah satu mata kuliah wajib yang harus ditempuh dalam bidang teknik otomotif. Setelah menempuh mata kuliah dasar teknologi otomotif, mahasiswa dapat memahami berbagai pengetahuan dan keterampilan tentang dasar-dasar otomotif.

Beberapa materi yang akan dipelajari dalam dasar teknologi otomotif sebagai salah satu mata kuliah jurusan teknik otomotif yakni spesifikasi teknik, teori pembekalan, inovasi terbaru dibidang teknik otomotif khususnya dalam kendaraan bermotor.

4. Listrik dan Elektronika Dasar

Mata kuliah teknik otomotif ini akan mempelajari listrik dan elektronika dasar, yang menuntut mahasiswa untuk menguasai kepribadian, sikap, dan perilaku serta keterampilan dalam bidang listrik dan elektronika dasar.

Cakupan materi dalam mata kuliah listrik dan elektronika dasar di antaranya jenis listrik, rangkaian paralel, rangkaian seri, hukum Ohm, pengertian listrik, hukum Kirchoff, resistor, kapasitor, transistor, dan diode.

5. Teknologi Pembentukan Dasar

Pada perkuliahan teknologi pembentukan dasar dalam bidang teknik otomotif, mahasiswa akan diajarkan berbagai ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam mengerjakan konstruksi bodi otomotif.

Beberapa hal dalam mata kuliah teknik otomotif tersebut meliputi kerja las tekan, kerja pelat menggunakan mesin sederhana dan alat-alat tangan, kerja las patri, serta kerja las cair.

6. Elektronika Analog dan Digital

Mata kuliah ini termasuk dalam mata kuliah wajib dalam teknik otomotif yang akan diberikan kepada mahasiswa, untuk menguasai kemampuan dan keterampilannya dalam bidang elektronika analog dan digital.

Materi dalam mata kuliah elektronika ini meliputi sistem bilangan, aljabar, rangkaian timer, rangkaian aritmatika, transistor sebagai saklar, sensor suhu, sensor cahaya, sensor tekanan, penguat operasional, penguat transistor, serta sensor putaran.

7. Pneumatik dan Hidrolik

Pembelajaran pneumatik dalam mata kuliah teknik otomotif meliputi distribusi udara bertekanan, beberapa katup pneumatik, rangkaian pneumatik dasar, dan pada bidang otomotif

Sedangkan untuk bidang hidrolik meliputi elemen-elemen penggerak, katup pengatur aliran dan tekanan, pompa hidrolik dan pengantar hidrolik, reservoir beserta kelengkapannya, katup pengontrol gerakan silinder hidrolik, penunjang serta pengaturannya.

8. Teknologi Motor Bermesin

Pada mata kuliah teknologi motor bermesin akan dibahas proses kerja motor baik dengan 2 tank maupun 4 tank. Beberapa hal lain meliputi perbandingan kompresi, sistem bahan bakar konvensional motor bensin, sistem pelumasan, sistem pemasukan, dan pembuangan motor bensin.

Metode pembelajaran yang dilakukan dalam mata kuliah jurusan teknik otomotif adalah diskusi serta ceramah atau penjelasan langsung.

9. Transformasi Digital

Mata kuliah ini merupakan transformasi digital yang melibatkan adanya penggunaan teknologi digital guna menyusun ulang proses menjadi lebih efektif dan efisien. Setiap mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti mata kuliah transformasi digital sebagai salah satu syarat kelulusan.

Cakupan materi yang akan dipelajari dalam transformasi digital pada mata kuliah teknik otomotif di antaranya makna transformasi digital, kemampuan informasi untuk keunggulan kompetitif, peran teknologi dalam mengubah seluruh bidang, technology enabled distruptions.

10. Teknologi Motor Diesel

Pada mata kuliah teknologi motor diesel mahasiswa akan diajarkan tentang pengetahuan dan keterampilan dalam berbagai cakupan materi. Metode pembelajaran yang dilakukan adalah ceramah dan diskusi aktif seluruh mahasiswa.

Materi perkuliahan yang akan ditempuh meliputi klasifikasi motor diesel, ruang bakar dan proses pembakaran, pompa injeksi, aplikasi dan keuntungan motor diesel dan bahan bakar.

11. Desain Otomotif

Mahasiswa dapat mengembangkan berbagai unsur perancangan dalam bidang otomotif sebagai bekal pengetahuan dan keterampilan ketika lulus nantinya, mulai dari guru, instruktur, ataupun bekerja pada industri otomotif.

Beberapa materi yang akan ditempuh di antaranya gambar teknik, gambar sketsa, pembuatan model nyata atau prototype, pembuatan model digital, dan pembuatan model digital atau 3D.

Itulah beberapa mata kuliah teknik otomotif yang akan ditempuh ketika menjadi mahasiswa. Untuk kamu yang masih bingung memilih jurusan, teknik otomotif dapat menjadi pilihannya jika memang kamu ingin mendalami dunia otomotif. Baca artikel menarik lainnya hanya di Alpabet.ID

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *