Menu
Temukan Berbagai Macam Artikel Informatif hanya di Alpabet.ID

Mata Kuliah Teknik Industri

  • Bagikan
mata kuliah teknik industri alpabetid

Teknik Industri merupakan salah satu jurusan kuliah yang nantinya akan mempelajari tentang rancangan, peningkatan, hingga instalasi sistem yang saling berhubungan. Mata kuliah Teknik Industri melibatkan peralatan, teori, praktek, analisa, informasi, hingga pengelolaan sumber daya.

Lulusan jurusan ini tidak hanya berkecimpung dalam dunia industri pada umumnya, bisa juga berprofesi sebagai pelayanan masyarakat, konsulen, dan lain sebagainya. Di era perkembangan teknologi ini, diharapkan para lulusan juga bisa berkembang menyesuaikan teknologi.

1. Matematika Industri

Salah satu mata kuliah dasar yang akan khas dengan perhitungan dan rumus-rumusnya. Pada mata kuliah ini mahasiswa akan belajar tentang persamaan diferensial biasa orde satu dan dua hingga metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Model persamaan hingga sistem persamaan diferensial biasa order satu dan dua juga akan dibahas di sini. Dengan mempelajarinya, mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dasar tentang penerapan matematika dalam bidang industri.

2. Pengantar Teknik Industri

Sesuai dengan namanya, kamu akan belajar pengantar teknik industri dalam lingkup yang lebih luas dan lengkap. Ini menjadi mata kuliah wajib yang harus dipelajari oleh setiap mahasiswa yang mengambil jurusan Teknik Industri.

Dalam mata kuliah ini kamu akan belajar pengertian teknik industri beserta dengan ruang lingkup kerjanya, sistem integrasi, pendekatan manajemen ilmu, hingga manajemen ilmiah. Pengaruh teknologi informasi dalam dunia industri juga akan dipelajari di sini.

3. Mekanika Teknik

Mekanika teknik dapat diterjemahkan sebagai salah satu ilmu pengetahuan yang akan membahas tentang dasar analisa struktur statis tidak beraturan maupun beraturan. Mahasiswa akan belajar tentang sistem gaya, persamaan keseimbangan, hingga teori kegagalan.

Inti dari mata kuliah ini adalah mahasiswa akan mengenal hal-hal yang berbau mekanik yang nantinya sangat penting ketika diaplikasikan dalam sektor industri. Diharapkan mahasiswa bisa menerapkan apa yang telah didapatkan dengan baik dan membantu sektor industri manapun.

4. Teori Probabilitas

Pada umumnya, mata kuliah ini juga dikenal sebagai statistika industri. Mata kuliah yang dipelajari tentunya tidak terlepas dari perhitungan, analisa, logika, ujian hipotesis, penyajian data, dan sejenisnya. Tentunya kamu akan mempelajari seluruhnya dari tingkat dasar hingga tinggi.

Distribusi dari probabilitas terkait teoritis diskrit, kontinu dan kontinu lanjutan juga akan didapatkan di sini. Diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan berpikir secara logis, kritis, analisa yang baik untuk menghasilkan data yang bagus.

5. Menggambar Teknik

Salah satu mata kuliah yang menyenangkan dibandingkan dengan mata kuliah lain yang dipelajari di jurusan ini. Sesuai dengan namanya, kamu akan mempelajari mulai dasar menggambar teknik dalam industri, perancangan, pembuatan sketsa, gambar 3D, dimensi, dan sebagainya.

Di sini juga akan membahas tentang model perakitan, proyeksi ortografis, pentingnya dokumentasi gambar pribadi, maupun proyek dan lain sebagainya. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan menggambar menggunakan teknik yang tepat sesuai unsur dalam industri.

6. Proses Manufaktur

Pembekalan mengenai dasar proses manufaktur modern, proses pengecoran, pemotongan, pengelasan, pengoperasian mesin, fungsi alat industri, dan pengenalan beberapa alat industri akan dipelajari di sini. Mata kuliah ini akan lebih berfokus pada peralatan dan prosesnya.

Dengan mempelajarinya, mahasiswa diharapkan bisa mengetahui dasar dari proses manufaktur hingga penggunaan alat dalam manufaktur industri. Mata kuliah ini sangat penting bagi kamu yang nantinya akan terjun sebagai engineer.

7. Sistem Produksi

Mata kuliah ini akan membahas tentang pengertian, tujuan hingga ruang lingkup sistem produksi tersebut. Cakupannya termasuk perhitungan kapasitas, jadwal pekerja, MRP, FMS, struktur, proses operasional, dan lain sebagainya.

Mahasiswa juga akan belajar tentang konsep green manufacturing, distribution requirement planning, performansi rantai pasok dan sejenisnya. Setelah belajar mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mengetahui dasar dari sistem produksi, permasalahan di lapangan dan solusi penyelesaiannya.

8. Psikologi Industri

Pada jurusan ini juga terdapat mata kuliah psikologi, tentunya fokusnya dalam bidang industri. Pembahasan dasar seperti pengertian psikologi industri, ruang lingkup, metode riset, proses rekrutmen, pengukuran performa, pelatihan, hingga teamwork akan dibahas di sini.

Menariknya lagi kamu akan belajar tentang pengelolaan stres dan kelelahan kerja di sektor industri dalam sudut pandang psikologis. Dengan mempelajarinya, diharapkan mahasiswa bisa lebih memahami faktor-faktor psikologi yang akan berpengaruh dalam proses industri.

9. Analisis Biaya

Dalam sektor industri tentunya akan berhubungan dengan pembiayaan dan kali ini akan dibahas pas mata kuliah analisis biaya. Kamu akan mempelajari proses akuntansi, laporan keuangan, konsep biaya, kalkulasi biaya proses, maupun pesanan dan lain sebagainya.

Mata kuliah ini tentu akan terdapat banyak rumus yang digunakan untuk mencari hasil dari data yang telah disajikan. Mahasiswa diharapkan mampu memahami serta menerapkan ilmu yang telah didapatkan di lapangan untuk membantu organisasi dalam mencapai tujuan.

Dari mata kuliah Teknik Industri di atas, tentunya dibutuhkan kemampuan analisa data, berpikir kritis, dan soft skill lainnya. Setelah lulus, kamu bisa memilih profesi yang menarik seperti Data Scientist, Product Manager, Market Researcher, dan lain sebagainya. Baca artikel menarik lainnya hanya di Alpabet.ID

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *