Menu
Temukan Berbagai Macam Artikel Informatif hanya di Alpabet.ID

Mata Kuliah Teknik Sipil

  • Bagikan
mata kuliah teknik sipil

Teknik Sipil merupakan salah satu jurusan kuliah yang didominasi oleh kaum adam, mengingat nantinya juga akan terjun ke lapangan. Mata kuliah Teknik Sipil yang diajarkan sangat berbeda jauh dengan jurusan lain dan memiliki tingkat kesulitan yang lumayan tinggi.

Akan ada banyak hitungan, praktek menggambar, terjun ke lapangan, dan lain sebagainya. Jurusan ini membutuhkan keterampilan penalaran, logika yang baik agar memahami setiap mata kuliah yang nantinya akan didapatkan dan bisa menerapkannya demam baik

1. Fisika

Fisika menjadi mata kuliah wajib dan dasar ketika kamu berada di jurusan Teknik Sipil. Mata kuliah ini akan menjadi pedoman untuk perhitungan struktur bangunan dan elemen lainnya. Di bangku kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari fisika lebih dalam lagi.

Adapun cakupannya meliputi kinematika, dinamika, satuan, energi, usaha, hingga fluida. Penggunaan atau praktek fisika dalam Teknik Sipil juga akan dipelajari di sini. Tentunya mata kuliah ini akan berhadapan dengan rumus dan hitungan.

2. Matematika

Matematika juga menjadi mata kuliah wajib yang harus dipelajari dan biasanya terbagi menjadi dalam III bagian. Di awal, mahasiswa akan belajar tentang matematika dasar yang dikhususkan untuk Teknik Sipil. Secara tidak langsung akan dilatih bagaimana berpikir yang kritis untuk menyelesaikan masalah.

Pada tahap II dan III, kamu akan belajar tentang aljabar, matriks, linier, transformasi, dan lain sebagainya. Nantinya apa yang dipelajari dalam matematika ini akan digunakan untuk perhitungan dan bisa dijadikan parameter tertentu.

3. Menggambar Rekayasa Struktur

Sesuai dengan namanya, kamu akan belajar tentang teori dan praktisi dalam menggambar rekayasa struktur bangunan. Adapun pembahasan di sini mencakup teknik, format, skala, ukuran, simbol, dimensi, maupun proyeksi dari gambaran tersebut.

Pada dasarnya, mata kuliah teknik sipil tidak terlalu sulit, namun butuh ketelitian yang tinggi karena berurusan dengan ukuran. Beberapa yang akan digambar di antaranya mulai dari denah rumah, atap, tangga, perlengkapan bangunan, dan lain sebagainya.

4. Statistika

Berlanjut pada mata kuliah statistika dan kali ini lebih difokuskan pada proses pengumpulan data, merangkum data yang didapatkan, melakukan analisa, hingga membuat kesimpulan atas data tersebut. Tujuannya adalah untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam rekayasa Teknik Sipil.

Nantinya mahasiswa akan mengerjakan tugas secara individual maupun kelompok. Pada tugas individu, mahasiswa diharapkan bisa melatih kemampuan sintesis dan analisis yang dimiliki. Sedangkan untuk kelompok, diharapkan dapat bekerja sama satu sama lain.

5. Mekanika Tanah

Mata kuliah selanjutnya akan mempelajari tentang mekanika tanah mulai dari dasarnya, unsur pembentukan tanah, klasifikasi, kekuatan tanah, tegangan dalam tanah, dan lain sebagainya. Mahasiswa akan mengenal mekanika tanah lebih dalam lagi.

Mata kuliah ini sangat penting ketika nantinya dihadapkan pada proyek pembangunan, baik itu rumah maupun bangunan berskala besar. Kamu juga akan belajar tentang berbagai macam teknik, perhitungan agar pondasi bangunan atau strukturnya bisa disesuaikan dengan kondisi tanah.

6. Hidrologi

Hidrologi akan berhubungan dengan air dan ini nantinya berkaitan dengan mata kuliah bangunan air. Pada mata kuliah teknik sipil mahasiswa akan belajar dari dasarnya, faktor yang mempengaruhi, siklus, analisa data, perancangan, dan lain sebagainya.

Kamu juga akan mendapatkan pembelajaran tentang metode desain bangunan sesuai kondisi air, penggunaan aplikasi teknologi informasi untuk membantu desain hingga kemampuan berpikir kritis. Diharapkan ketika berada di lapangan nanti bisa mengaplikasikannya dengan baik.

7. Irigasi dan Bangunan Air

Sesuai dengan namanya, kali ini akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan irigasi serta bangunan air. Beberapa topik pembahasan yang akan dipelajari di sini mulai dari teori, tahapan irigasi, perhitungan kebutuhan air, model pembangunan, dan lain sebagainya.

Mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan mampu menyelesaikan masalah yang terjadi di lapangan. Dosen biasanya akan memberikan tugas secara individu maupun kelompok untuk melatih kemampuan sintesis dan justifikasi pada studi kasus tertentu.

8. Perencanaan Jalan Rel

Teknik Sipil tentunya tidak terlepas dari rancangan pembangunan jalan, termasuk jalan rel kereta api. Pelajaran yang didapatkan mencakup struktur jalan rel, kriteria beban, komponen rel, prasarana jalan rel, dan sebagainya.

Di sini juga akan ada perhitungan tertentu, sektor keamanan, telekomunikasi hingga pemeliharaan rel tersebut. Setelah mata kuliah ini berakhir, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan ilmu yang telah dipelajari ketika terjun dalam pekerjaan tersebut.

9. Struktur Kayu

Mata kuliah satu ini cukup unik karena akan membahas tentang struktur kayu lebih detail lagi. Pada dasarnya, mata kuliah ini akan berhubungan dengan analisa struktur. Tentunya kamu akan berhadapan dengan perhitungan lagi.

Dengan mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan bisa menyelesaikan berbagai permasalahan struktur kayu. Sebelum mengambil mata kuliah ini, mahasiswa wajib menyelesaikan studi Teknologi Bahan terlebih dahulu.

Sangat menarik bukan mata kuliah Teknik Sipil yang akan dipelajari? Namun, perlu dicatat dan diperhatikan bahwa pada jurusan ini membutuhkan kemampuan logika, analisa, perhitungan, hingga berpikir kritis yang lebih baik dibandingkan yang lainnya. Baca artikel menarik lainnya hanya di Alpabet.ID

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *