Menu
Temukan Berbagai Macam Artikel Informatif hanya di Alpabet.ID

Mata Kuliah Teknik Kimia

  • Bagikan
mata kuliah teknik kimia alpabetid

Sebagian besar calon mahasiswa tentu berpikiran bahwa jurusan teknik kimia hanya belajar tentang reaksi-reaksi kimia saja. Namun, pada kenyataannya ada beberapa mata kuliah teknik kimia yang harus ditempuh selama kuliah

Mahir dan senang dengan pelajaran kimia menjadi dasar kuliah jurusan teknik kimia. Pada jurusan teknik kimia, mahasiswa akan dituntut untuk lebih mempelajari proses pengolahan suatu produk, mulai dari bahan baku sampai makanan yang dapat dikonsumsi.

1. Analisa Pengolahan Data

Sebelum masuk lebih dalam pada bidang teknik kimia, kamu akan diajarkan mengenai pengolahan data yang meliputi beberapa pembahasan perkuliahan. Materi yang akan dipelajari di dalamnya meliputi statistika deskriptif, statistika inferensia, rancangan percobaan, dan model statistik.

Mata kuliah analisa pengolahan data ini nantinya sangat berfungsi ketika mahasiswa akan merancangkan skripsi atau tugas akhir.

2. Thermodinamika Teknik Kimia

Materi pada mata kuliah teknik kimia dalam pembelajaran thermodinamika teknik kimia ini meliputi efek panas karena transisi frasa, konsep gas ideal, heat effect akibat perubahan suhu, pembangkit tenaga, refrigerasi, dan praktikum menggunakan commercial software.

Inti dalam perkuliahan ini akan mempelajari tentang penyelesaian suatu permasalahan dalam unit-unit operasi dengan hukum I & II Thermodinamika. Metode yang digunakan dalam perkuliahan ini adalah brainstorming.

3. Kimia Organik

Metode pembelajaran pada kuliah kimia organik menggunakan metode penjelasan dan diskusi secara langsung oleh mahasiswa. Mata kuliah kimia organik memberi berbagai pelajaran mengenai ikatan kimia, jari-jari atom, isomeri struktur, reaksi substitusi, dan eliminasi.

Selain itu, juga mempelajari orbital dalam ikatan isomeri struktur dan kovalen, reaksi radikal bebas, enolat dan karbonion, asam amino dan protein, lipid, karbohidrat, aldehid, dan keton serta stereokimia.

4. Transfer Momentum

Transfer momentum sebagai salah satu pembelajaran dalam mata kuliah teknik kimia memberi beberapa pokok bahasan yang harus dipahami. Metode pembelajaran yang digunakan adalah diskusi dan penjelasan.

Materi yang akan dipelajari meliputi analogi transfer momentum, panas dan massa, statika fluida, pengenalan turbulensi, neraca massa makroskopis dan mikroskopis, aplikasi transfer momentum, dan aplikasi analisa dimensi untuk transfer momentum.

5. Kimia Fisika

Beberapa hal yang dapat dikuasai setelah menempuh mata kuliah kimia fisika yakni mampu menganalisis waktu zat dan perubahan fase, menganalisis sistem campuran zat yang berkaitan dengan sifat fisik zat.

Materi yang akan dibahas dalam mata kuliah ini meliputi kinetik teori gas, elektrokimia, proses transport, fenomena permukaan dan antarmuka, serta mempelajari berbagai gejala yang terjadi pada perubahan fisika meliputi wujud zat.

6. Mikrobiologi Industri

Pembelajaran pada mata kuliah teknik kimia lebih banyak menggunakan teknik brainstorming, pembelajaran kuliah, dan diskusi. Kuliah teknik kimia pun akan mempelajari hal-hal terkait mikrobiologi.

Mata kuliah mikrobiologi industri mempelajari karakterisasi dan klasifikasi mikroorganisme, mengontrol pertumbuhan mikroorganisme, karakteristik mikroba, enzim dan metabolismenya, baik secara fisika maupun kimia.

7. Matematika Teknik Kimia

Pada dasarnya, matematika yang diajarkan dalam teknik kimia hampir sama dengan matematika pada umumnya, namun ada beberapa pengembangan rumus dan model matematika.  Matematika teknik kimia diberikan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan kimia fisika secara matematik.

Materi yang nantinya akan diajarkan meliputi persamaan diferensial biasa, fungsi khusus, deret fourier, integral lipat dua, persamaan diferensial parsial, pemodelan matematika, transformasi laplace, dan model proses bertingkat.

8. Operasi Teknik Kimia

Banyak hal yang akan dipelajari dalam mata kuliah teknik kimia, salah satunya adalah operasi teknik kimia. Beberapa hal penting terkait operasi teknik kimia akan dipelajari di dalamnya.

Hal penting tersebut meliputi materi tentang pengukuran aliran fluida, pengadukan dan pencampuran, unggun diam dan unggun terfluidasi, pencampuran padat-padat, pengecilan ukuran partikel padat, dan aliran melalui benda tercelup.

9. Transfer Massa dan Panas

Merupakan salah satu mata kuliah inti teknik kimia dengan membahas berbagai prinsip perpindahan massa dan panas yang dijadikan sebagai dasar dalam perhitungan satuan operasi alat-alat industri.

Beberapa materi yang akan diberikan di antaranya persamaan energi, radiasi, perpindahan massa antar fasa, persamaan kontinuitas komponen, perpindahan massa molekuler, dan perpindahan panas molekuler atau konduksi.

10. Teknik Reaksi Kimia

Setelah menyelesaikan mata kuliah teknik reaksi kimia, kamu akan dapat memahami kinetika reaksi dan merancangkan reaktor kimia homogen yang tergabung dalam beberapa materi. Pada intinya, mata kuliah ini mempelajari berbagai teknik reaksi kimia hingga homogen.

Materi yang akan diberikan meliputi interpretasi data reaktor batch, reaktor alir ideal yang digunakan dalam reaksi ganda dan tunggal, kinetika reaksi homogen, efek temperature dan tekanan, serta desain reaktor alir ideal ganda dan tunggal.

11. Aplikasi Teknik Kimia

Metode pembelajaran diskusi akan terus dilakukan ketika menempuh perkuliahan. Pada mata kuliah aplikasi teknik kimia akan diajarkan beberapa hal tentang dasar-dasar teknik kimia dalam aplikasi prinsip-prinsip keteknikkimiaan berbentuk penyelesaian masalah dan eksperimen.

Materi yang akan disampaikan meliputi aplikasi prinsip penyaringan, operasi kolom unggun, kesehatan dan keselamatan kerja laboratorium, aplikasi pencampuran, kajian singkat unit operasi teknik kimia, dan pengukuran analisa fluida. Di samping beberapa mata kuliah yang telah disebutkan, masih banyak mata kuliah teknik kimia yang harus ditempuh selama masa perkuliahan hingga kelulusan. Untuk kamu yang masih bingung dengan pemilihan jurusan, teknik kimia dapat menjadi pilihan jika kamu menyukai pelajaran di SMA. Baca artikel menarik lainnya hanya di Alpabet.ID

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *