Menu
Temukan Berbagai Macam Artikel Informatif hanya di Alpabet.ID

Mata Kuliah Teknik Arsitektur

  • Bagikan
mata kuliah teknik arsitektur alpabetid

Kuliah jurusan teknik arsitektur tidak hanya harus pandai menggambar. Memang menggambar menjadi hal yang utama, namun pada teknik arsitektur memadukan antara seni dan ilmu teknik. Untuk itu, bagi kamu yang tidak pandai menggambar tidak perlu khawatir, karena ada beberapa hal lain yang akan dipelajari pada mata kuliah teknik arsitektur hingga lulus.

Jurusan arsitektur termasuk dalam salah satu jurusan dengan banyak peminat, pasalnya prospek pekerjaan dari jurusan ini cukup menjanjikan. Bagi kamu yang masih bingung memilih jurusan, teknik arsitektur dapat menjadi pilihannya.

1. Studio Perancangan Arsitektur

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar yang akan ditempuh ketika masuk dalam bidang teknik arsitektur. Dalam studio perancangan arsitektur akan dikenalkan berbagai perancangan arsitektur, mulai dari pemahaman ruang beserta elemen lingkupnya.

Pada mata kuliah studio menekankan perancangan arsitektur berdasarkan pada proporsi, bahasa, dan kepekaan fungsi. Di samping itu juga dapat melatih mahasiswa untuk menggunakan maket dan gambar sebagai alat mengkomunikasikan ide verbal dan visual.

2. Dasar-Dasar Struktur dalam Arsitektur

Pada mata kuliah kali ini kamu akan diberi pemahaman mengenai definisi konstruksi dan struktur, pengenalan, dan pemahaman mendasar mengenai jenis-jenis struktur yang meliputi bidang datar, bidang lipat, bidang lengkung, dan garis.

Semua yang akan dipelajari dalam mata kuliah teknik arsitektur berkaitan erat dengan bidang arsitektur nantinya ketika terjun dalam dunia pekerjaan.

3. Teori Bentuk Arsitektur

Kamu akan diajarkan berbagai hal unik dan menarik ketika masuk dalam perkuliahan teknik arsitektur. Salah satu mata kuliah teknik arsitektur yang unik adalah teori bentuk arsitektur, dimana kamu akan diajarkan beberapa hal meliputi asal-usul dan kosa bentuk arsitektur.

Kamu akan diajak untuk mencoba menyibak tabir emosi dan mental, yang selama ini membatasi kreativitas melalui berbagai pengalaman yang bersinggungan dengan ruang arsitektur untuk memahami bentuk dan ruang arsitektur.

4. Menggambar Teknik

Dalam menempuh mata kuliah teknik arsitektur kamu tidak hanya memiliki keterampilan asal-asalan dalam menggambar, namun ada teknik yang nantinya akan diajarkan untuk memenuhi kelulusan.

Beberapa materi yang akan diberikan di antaranya variasi teknik penyajian gambar arsitektur, perspektif dari benda sederhana dan geometris, serta proyeksi miring.

5. Estetika

Pada mata kuliah estetika, kamu akan diajarkan tentang dasar-dasar sejarah dan budaya Indonesia guna mengenali berbagai akar permasalahan, guna mendapat wawasan yang cukup dalam merancang permasalahan.

Materi yang akan disampaikan dalam salah satu mata kuliah teknik arsitektur ini yakni keindahan dan kebenaran eksistensial, aliran-aliran seni rupa barat, seni rupa sebagai Rhetoric, persepsi estetik, dan isu lingkungan.

6. Struktur dan Konstruksi Bangunan

Merupakan salah satu mata kuliah yang harus ditempuh dalam bidang teknik arsitektur. Mata kuliah kali ini akan memberikan beberapa pemahaman kepada mahasiswa mengenai konstruksi dan struktur dasar aspek bentuk dan statika.

Selain itu, juga tentang berbagai prinsip konstruksi dan struktur yang digunakan pada bangunan tidak bertingkat serta konstruksi elemen pelingkupnya.

7. Bahan Bangunan dalam Arsitektur

Pada mata kuliah kali ini, kamu akan diberikan pemahaman mengenai bahan bangunan arsitektural dan struktural yang mencakup berbagai hal di antaranya bahan dasar, varian-varian bahan, karakteristik, dan sifat bahan.

Di samping itu akan diajarkan hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan bahan bangunan yang cocok dengan iklim lingkungan guna mempertahankan suatu bangunan.

8. Struktur dan Konstruksi Bangunan Bertingkat Rendah

Merupakan salah satu mata kuliah dalam bidang teknik arsitektur yang memberikan pembelajaran mengenai prinsip konstruksi dan struktur bangunan bertingkat rendah, dengan berbagai varian konstruksi elemen pelingkup, sistem, dan bahan struktur.

Pada intinya, dalam mata kuliah ini kamu akan diajarkan terkait berbagai hal tentang bangunan yang bertingkat rendah.

9. Fisika Bangunan

Pada mata kuliah teknik arsitektur juga dibutuhkan pembelajaran mengenai fisika bangunan yang difungsikan untuk mengetahui hubungan iklim, dengan bangunan dan teknik-teknik analisa iklim.

Cara mengupayakan berbagai sistem ventilasi yang baik dan benar guna mencapai kenyamanan termal dalam bangunan atau ruangan. Di samping itu kamu akan diajarkan pengetahuan-pengetahuan mendasar tentang aspek kenyamanan visual, baik secara alami maupun buatan.

10. Utilitas Bangunan

Pada mata kuliah ini akan dijelaskan beberapa hal mengenai pengetahuan prinsip atau dasar, syarat-syarat, dan sistem perhitungan “rule of thumb” guna mendapatkan ruang wadahnya dalam suatu bangunan yang berkaitan dengan air minum, air limbah, dan air panas.

Mata kuliah utilitas bangunan pada umumnya berkaitan dengan mata kuliah studio perancangan arsitektur yang diajarkan pada awal semester perkuliahan.

11. Perencanaan Tapak

Mata kuliah perencanaan tapak akan memberi berbagai pemahaman mengenai perancangan struktur ruang dalam tapak, yang menyebabkan tatanan antar masa bangunan menjadi berkesinambungan atau selaras dengan lingkungan alam.

Kamu akan dilatih untuk mengenali kontekstual tapak dengan pendataan tapak dan pengembangan struktur terhadap fungsi.

Mencari referensi tentang mata kuliah teknik arsitektur sebelum melakukan perkuliahan adalah pilihan yang tepat. Dari beberapa mata kuliah yang telah dijelaskan di atas, masih banyak mata kuliah yang akan dipelajari dalam bidang teknik arsitektur. Baca artikel menarik lainnya hanya di Alpabet.ID

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *