Menu
Temukan Berbagai Macam Artikel Informatif hanya di Alpabet.ID

Mata Kuliah Manajemen Bisnis

  • Bagikan
mata kuliah manajemen bisnis

Jurusan Manajemen Bisnis berbeda dengan jurusan Manajemen pada umumnya, ini karena jurusan Manajemen Bisnis akan lebih berfokus pada hal-hal yang berkaitan dengan bisnis. Oleh karena itu mata kuliah Manajemen Bisnis ruang lingkupnya menjadi dipersempit dan lebih kompleks.

Mahasiswa akan belajar tentang berbagai sektor bisnis, baik itu dalam tingkat nasional hingga internasional. Dengan keterampilan yang diperoleh nanti, diharapkan mahasiswa memiliki kemampuan mengelola, membangun hingga mengembangkan proyek bisnis tertentu.

1. Pengantar Bisnis

Salah satu mata kuliah wajib yang harus diikuti selama berada di jurusan Manajemen Bisnis. Kamu akan mempelajari berbagai macam mata kuliah dasar mulai dari pengertian dari manajemen bisnis, organisasi, kepemimpinan, pengendalian dan lain sebagainya.

Mahasiswa juga akan mempelajari tentang kegiatan serta perilaku dalam bisnis, faktor apa saja yang mempengaruhi dalam bisnis dan masih banyak lagi. Intinya mata kuliah ini sangat penting untuk dipahami karena nantinya berhubungan dengan mata kuliah lainnya.

2. Pengantar Manajemen

Pada dasarnya ini tidak jauh berbeda dengan poin pertama, yaitu sama-sama pengantar. Hanya saja kali ini mahasiswa akan belajar tentang fungsi, konsep, struktur yang digunakan, prinsip dan hal-hal yang berhubungan dengan manajemen bisnis itu sendiri.

Mahasiswa akan dilatih dan diasah kemampuannya dalam mengatur, membimbing maupun memimpin sebuah organisasi. Tujuannya adalah agar bisnis yang sedang dijalankan mencapai tujuan awal sesuai yang telah ditetapkan sebelumnya.

3. Ekonomi Makro

Pada mata kuliah ini akan membahas tentang teori, filosofi bisnis, manajemen bisnis, perencanaan dan pengelolaan SDM, kegiatan ekonomi suatu negara atau sejenisnya. Topik tentang krisis keuangan, kebijakan moneter maupun fiskal juga akan dibahas disini.

Dengan mempelajarinya, mahasiswa diharapkan dapat menerapkan pengetahuan tentang ekonomi makro dalam organisasi. Tentunya penerapannya harus disesuaikan dengan kebijakan yang diberlakukan, baik itu moneter maupun fiskal.

4. Manajemen Pemasaran

Kali ini mahasiswa akan mempelajari tentang bagaimana mengelola program pemasaran suatu organisasi hingga peran pemasaran pada kegiatan bisnis. Beberapa cakupan pelajarannya mulai dari teori, implementasi pemasaran, strategi dan alokasi penggunaan sumber daya dalam pemasaran.

Setelah mempelajari mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengelola program maupun sumber daya lain dalam organisasi demi terwujudnya pemasaran yang sehat. Tanpa pemahaman yang baik, di lapangan nanti akan kesulitan dalam menerapkannya.

5. Hukum Bisnis

Sesuai dengan namanya, kali ini mahasiswa akan mempelajari tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan hukum bisnis. Adapun cakupannya mulai peraturan hukum yang berlaku, baik secara tertulis maupun tidak, hak serta kewajiban dalam perjanjian bisnis dan sebagainya.

Ini menjadi mata kuliah yang penting karena sangat dibutuhkan ketika sudah terjun di lapangan nanti. Setelah memahami mata kuliah manajemen bisnis, mahasiswa memiliki bekal untuk menyelesaikan maupun menjaga keamanan dalam bisnis agar tetap bekerja dengan lancar dan efisien.

6. Studi Kelayakan Bisnis

Sebelum memulai sebuah bisnis tentu ada riset atau yang lebih dikenal sebagai studi kelayakan bisnis. Kamu akan belajar bagaimana cara mengukur kinerja suatu bisnis dari hasil yang telah dicapai sebelumnya, kinerja manajemen hingga pelaksanaannya di lapangan.

Kemampuan analisa mahasiswa akan dilatih disini dari studi kasus yang sudah terjadi maupun contoh kasus yang sedang berlangsung. Bagaimana cara mempertimbangkan aspek pemasaran, manajemen operasi, investasi dan sebagainya akan dipelajari disini secara lengkap.

7. Bisnis Syariah

Perkembangan bisnis tidak hanya dalam sektor konvensional saja, namun syariah juga. Kali ini kamu akan mempelajari tentang bisnis syariah yang tentunya akan membahas tentang bagaimana tata kelola bisnis sesuai dengan syariat Islam.

Berbagai macam teori, prinsip, nilai dan lain sebagainya yang sesuai dengan pedoman Al-Qur’an akan dipelajari disini. Pendekatan yang dilakukan dalam bisnis syariah juga berbeda dengan bisnis pada umumnya, sehingga sangat penting untuk dipelajari dan diterapkan pada sektor bisnis tertentu.

8. Komunikasi Bisnis

Dalam manajemen bisnis tentunya ada komunikasi yang harus dijalin, maka dari itu komunikasi bisnis perlu dipelajari dengan baik. Disini mahasiswa akan dilatih untuk berpikir secara kritis, mampu berkomunikasi yang efektif serta mengembangkan kemampuan berkomunikasi.

Kemampuan komunikasi ini tidak hanya dalam bentuk lisan saja, namun dalam bentuk tulisan juga. Kamu juga akan mempelajari tentang teknik negosiasi dalam bisnis, menganalisa informasi dan masih banyak lagi.

9. Perilaku Organisasi

Pada perilaku organisasi ini kamu akan mempelajari tentang berbagai macam perilaku dari orang-orang dalam organisasi tersebut hingga tata cara mengolahnya. Selain itu, kamu juga akan belajar tentang isu yang terjadi dalam pengelolaan organisasi, termasuk perubahan dalam organisasi itu sendiri.

Pembahasan tentang aktivitas bisnis dalam organisasi, pengelolaan bisnis dalam skala lokal maupun global juga akan didapatkan pada mata kuliah manajemen bisnis. Dengan demikian, mahasiswa akan memiliki bekal dasar untuk diberi tanggung jawab untuk mencapai tujuan organisasi.

Setelah mempelajari mata kuliah Manajemen Bisnis, para mahasiswa nantinya memiliki bekal yang kuat untuk terjun pada bidang pekerjaan yang menantang. Contohnya disini mulai dari Project Manager, Business Development, Marketing Executive dan masih banyak lagi. Baca artikel menarik lainnya hanya di Alpabet.ID

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *