Menu
Temukan Berbagai Macam Artikel Informatif hanya di Alpabet.ID

Mata Kuliah Akuntansi

  • Bagikan
mata kuliah akuntansi

Jurusan akuntansi merupakan salah satu jurusan kuliah yang memiliki banyak peminat dan hampir tersedia di sebagian besar universitas di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian mata kuliah Akuntansi akan berhubungan dengan teori maupun perhitungan.

Meskipun ada beberapa mata kuliah yang cukup sulit, namun prospek lulusan jurusan ini menjanjikan. Ada beberapa profesi yang nantinya bisa kamu tekuni, mulai dari Auditor, Financial Advisor, Tax Accountant hingga Chief Financial Officer.

1. Pengantar Akuntansi

Sesuai dengan namanya, mata kuliah akuntansi akan mempelajari gambaran dasar dari akuntansi itu sendiri. Kamu akan mempelajari proses transaksi keuangan di perusahaan dagang maupun jasa. Nantinya seluruh data akan diolah menggunakan sistem informasi akuntansi.

Hasil olahan data nantinya digunakan untuk melakukan identifikasi, kontrol maupun membuat keputusan yang tepat. Umumnya mata kuliah ini terbagi menjadi dua, yaitu Pengantar Akuntansi I dan II, terlebih ini menjadi mata kuliah wajib yang harus dipelajari.

2. Pengantar Ekonomi Mikro

Sama seperti poin pertama, kali ini mahasiswa akan belajar tentang dasar dari ekonomi mikro. Beberapa pelajaran yang akan dipelajari nanti diantaranya mulai dari mekanisme penawaran dan harga, hukum permintaan dan penawaran.

Disini kamu akan mendapatkan banyak teori dan beberapa rumus yang digunakan untuk mencari data tertentu. Diharapkan mahasiswa dapat menguasai mata kuliah ini dengan sebaik-baiknya karena nantinya akan berhubungan dengan mata kuliah lainnya.

3. Statistik Bisnis

Meskipun berada di jurusan Akuntansi, namun kamu tidak akan terlepas dari yang namanya statistik, kali ini kamu akan belajar tentang statistik bisnis. Materi yang akan didapatkan disini adalah penggunaan metode statistika dalam bidang bisnis.

Adapun ruang lingkup pembahasannya mulai dari konsep data, pengujian hipotesis, penggunaan software statistik hingga melakukan analisis sesuai dengan hasil pengujian. Mahasiswa diharapkan dapat melakukan riset maupun penerapan statistika pada bisnis tertentu.

4. Perpajakan

Ada banyak mata kuliah yang akan dipelajari disini, mulai dari dasar perpajakan itu sendiri, hukum yang digunakan, fungsi pajak, sistem perpajakan hingga bagaimana terhapusnya utang pajak. Selain itu, kamu juga akan mempelajari tentang pajak penghasilan.

Perpajakan akuntansi ini tentunya disesuaikan dengan perkembangan Undang-Undang Perpajakan dan peraturan dalam melaksanakannya. Dengan mempelajari seluruh mata kuliah ini, diharapkan bisa memahami sistem perpajakan maupun penerapannya dalam organisasi.

5. Akuntansi Manajemen

Selanjutnya ada akuntansi manajemen yang menjadi salah satu mata kuliah wajib di jurusan ini. Berbagai macam konsep tentang sistem informasi akuntansi manajemen hingga tata cara pembuatan laporan anggaran akan dijelaskan disini.

Mata kuliah ini sangat penting karena nantinya bisa diterapkan untuk membantu bisnis tertentu demi mencapai targetnya. Seseorang perlu menguasai bagaimana caranya melakukan identifikasi, menganalisa, mengukur dan melaporkan kepada manajer.

6. Manajemen Keuangan

Materi manajemen keuangan tidak hanya didapatkan pada jurusan Manajemen saja, namun pada jurusan Akuntansi juga. Disini pelajaran yang didapatkan adalah cara kerja dari sistem informasi keuangan serta penerapan akuntansi manajerial.

Setelah mendapatkan pelajaran ini, diharapkan bisa menjelaskan hingga menyediakan data berupa hasil analisa dari data tersebut. Tujuannya tidak lain adalah untuk membantu proses pengambilan keputusan manajemen keuangan untuk jangka panjang maupun pendek serta melakukan evaluasi.

7. Auditing

Secara garis besar, auditing akan mempelajari tentang bagaimana proses pengumpulan data dan memeriksa bukti yang telah dikumpulkan secara objektif. Tujuan dari audit adalah menghasilkan laporan keuangan komersial sesuai standar audit yang telah ditetapkan.

Proses audit juga disesuaikan dengan ketentuan perundang-undangan yang diberlakukan pada saat itu. Aturan ini bisa berubah-ubah atau bisa juga tetap dan para auditor tinggal menyesuaikannya. Dengan demikian, para mahasiswa diharapkan bisa membuat laporan audit dengan tepat.

8. Teori Akuntansi

Pada mata kuliah akuntansi, kamu akan belajar mulai dari definisi dari teori akuntansi, penggunaan spekulasi, metodologi yang digunakan dalam akuntansi hingga membuat kerangka kerja sesuai prinsip yang diberlakukan. Kebanyakan materi ini berupa teori dan ada beberapa hafalan penting.

Tujuan mempelajari teori akuntansi tidak lain adalah agar bisa melakukan pengajian menggunakan prinsip logis yang berhubungan satu dengan yang lainnya. Nantinya juga digunakan untuk mengembangkan praktek akuntansi yang lebih sehat dan transparan.

9. Pelaporan Korporat

Poin utama mata kuliah adalah untuk menyediakan informasi yang valid pada periode akuntansi tertentu. Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana kondisi kinerja perusahaan dalam kurun waktu tersebut.

Dari sini akan terlihat berapa laba hingga kerugian pada suatu organisasi. Mahasiswa diharapkan bisa melakukan evaluasi serta analisa dari data yang telah diolah dan disajikan ke dalam bentuk laporan korporat tersebut.

Selain mempelajari beberapa mata kuliah Akuntansi yang telah disebutkan tadi, kamu juga akan mempelajari mata kuliah lain dengan tingkat kesulitan yang beragam. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami setiap mata kuliah yang diajarkan agar bisa digunakan di masa mendatang. Baca artikel menarik lainnya hanya di Alpabet.ID

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *