Menu
Temukan Berbagai Macam Artikel Informatif hanya di Alpabet.ID

Macam-Macam Jurusan Kuliah yang Wajib Diketahui

  • Bagikan
Macam-Macam Jurusan Kuliah

Memasuki masa senior di SMA, hampir seluruh bagian dari angkatan mulai memikirkan soal kemana mereka akan melanjutkan studi di perguruan tinggi. Ada macam-macam jurusan kuliah yang bisa kamu pilah dan pilih serta sudah berfokus pada jenjang karir yang kamu inginkan ke depannya.

Macam-Macam Jurusan Kuliah

1. Arsitektur

Jurusan arsitektur tentu cocok untuk kamu yang menyukai pelajaran seni budaya ditambah dengan sentuhan matematika. Kamu akan belajar untuk merancang konstruksi yang aman dan nyaman dengan penghitungan paling tepat. Eksekusinya sendiri dijalankan oleh insinyur sipil.

Setiap ide dan konsep dari sebuah proyek harus mampu kamu visualisasikan dengan baik. Jangan lupa ikuti prinsip fungsi atau utilitas, kekuatan atau firmitas, serta estetika atau venustas dari sebuah bangunan.

2. Akuntansi

Merupakan program studi yang memberikan pembelajaran seputar keuangan. Hingga saat ini, ada banyak lulusan akuntansi yang bekerja di perusahaan besar untuk menangani divisi keuangan. Menggunakan kombinasi dasar-dasar materi dari pelajaran matematikan serta akuntansi.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu temui adalah akuntansi pajak, audit, prosedur pelaporan, sistem informasi bisnis, pengendalian anggaran, dan aspek hukum akuntansi. Selain menjadi akuntan, kamu dapat menjadi manager keuangan atau pemeriksa keuangan.

Jurusan Kuliah

3. Teknik Elektro

Salah satu ilmu teknik ini akan memberikan pembahasan listrik, teknologi yang dipakai, serta pemanfaatan dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa perguruan tinggi bahkan harus memecah jurusan teknik elektro menjadi Teknik Komputer, Telekomunikasi, Instrumentasi, Elektronika, dan Listrik.

Hal tersebut bisa terjadi karena ruang lingkup elektrik sudah sangat luas, mulai dari sumber, distribusi, sampai praktik pemakaiannya.

4. Ilmu Politik

Kalau selama SMA kamu sangat suka dengan pelajaran PKN dan sosiologi, jurusan ini bisa menjadi pelabuhanmu setelah melewati masa senior. Kamu akan belajar lebih lanjut seputar analisis kritis dan riset lebih lanjut dari fenomena politik yang terjadi.

Dilanjutkan dengan menjabarkan kaitannya terhadap struktur politik negara dan perubahan yang terjadi. Setelah lulus, kamu dapat berkarir sebagai seorang konsultan politik, politikus, anggota parlemen, sampai peneliti politik.

5. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Kalau kamu adalah anak yang kreatif, suka menggambar, atau mengoperasikan software desain, cobalah pikirkan jurusan DKV. Salah satu hal penting yang bakal kamu pelajari adalah cara untuk menuangkan tulisan ke dalam bentuk visual.

Nantinya, kamu dapat bekerja sebagai fotografer, desainer grafis, animator, atau bahkan website designer yang kompeten. Kalau hanya ingin bekerja dari rumah, kamu punya peluang sebagai freelancer dengan banyak proyek.

6. Perpajakan

Lulusan dari jurusan Perpajakan diharapkan menjadi seorang ahli dalam menyusun pelaporan pajak berdasarkan aturan maupun ketentuan yang berlaku. Bidangnya juga sangat luas dan sudah mampu mencakup area ekonomi, hukum, serta akuntansi.

Jika kamu suka ekonomi dan matematika, peluangmu untuk menjadi bagian dari mahasiswa Perpajakan akan terbuka lebar. Ranah kerjanya di masa depan juga terdiri dari ahli perencanaan pajak, konsultan bea cukai, maupun penilai pajak dan keuangan.

7. Aeronautika dan Astronautika

Keduanya menjadi macam-macam jurusan kuliah dalam Teknik Penerbangan, namun punya fokus yang berbeda. Aeronautika membahas tentang seluruh aspek penerbangan yang ada pada atmosfer bumi, yaitu pesawat militer, helikopter, dan pesawat komersial.

Sedangkan, Astronautika akan memberikan pembelajaran tentang segala bentuk penerbangan di luar atmosfer bumi, yaitu satelit dan roket. Prospek kerjanya terdiri dari teknisi penerbangan, ahli aerospace, maupun mekanik pesawat.

8. Sastra Inggris

Sejak pendidikan di usia belia, tentu kamu sudah dikenalkan dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional. Jika kamu benar-benar ingin menguasainya, coba pertimbangkan jurusan Sastra Inggris yang mempelajari isi, keaslian, sampai keindahan dari Bahasa Inggris.

Kamu tidak akan bosan-bosannya berhadapan dengan karya sastra, seperti puisi sampai buku Bahasa Inggris untuk dikaji. Meskipun demikian, peluang kerjanya bisa mencapai ranah internasional dengan menjadi editor, wartawan, jurnalis, maupun tenaga pengajar.

9. Psikologi

Merupakan jurusan yang mempelajari lebih dalam tentang perilaku manusia. Lebih jauh lagi, kamu akan diajak membahas keilmuan mengenai jiwa serta cara menangani permasalahan dalam aspek tersebut. Materi kuliah yang akan ditemui, contohnya sosial, kriminal, agama, hingga forensik.

Jika kamu melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi lagi, seperti S2, kamu dapat menjadi pendidik atau praktisi. Namun, tidak ada salahnya jika setelah lulus kamu berada di bidang Human Resouce Development (HRD).

10. Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Apakah kamu tetap teguh untuk bercita-cita sebagai seorang guru dan menyukai anak kecil? Jurusan ini terasa cocok untuk keinginan mulia tersebut. Kamu akan belajar pengetahuan dasar yang nantinya berguna untuk mengajar anak kelas 1 sampai 6 SD.

Selain itu, kamu dapat memperoleh banyak wawasan maupun keterampilan yang mendukung profesi sebagai seorang guru. Dengan begitu, murid yang kamu ajar akan merasa mudah untuk memahami materi dengan suasana belajar lebih menyenangkan.

Terdapat macam-macam jurusan kuliah yang bisa kamu tempuh setelah lulus dari SMA. Semuanya mempunyai keunggulan dan menyediakan sarana terpadu untuk memberikan ilmu secara spesifik serta berguna bagi pengembangkan karir kamu di masa depan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *