Menu
Temukan Berbagai Macam Artikel Informatif hanya di Alpabet.ID

10 Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika

  • Bagikan
jurusan kuliah yang tidak ada matematika alpabetid

Salah satu mata pelajaran yang wajib kamu terima sejak SD hingga SMA tentu adalah matematika, Merasa tidak cocok pelajaran ini, kamu memutuskan untuk memilih jurusan kuliah yang tidak ada matematika saat memulai pembelajaran di perguruan tinggi.

Tidak semua anak memang punya penalaran lebih dalam hitung menghitung. Namun, tidak perlu bingung karena beberapa program studi di bawah ini akan mendukung pilihan kamu untuk jauh dari mata kuliah matematika. Berikut beberapa jurusan kuliah yang tidak ada matematika:

1. Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan di rumpun sosial ini menawarkan berbagai mata kuliah yang menarik dan tidak memasukkan unsur matematika di dalamnya. Beberapa contohnya adalah membuat film, animasi, event, fotografi, menulis berita, hingga public speaking.

Meskipun demikian, kamu juga tidak lupa untuk belajar nilai-nilai dan sejarah sosial supaya kegiatan komunikasi di lapangan menjadi lebih efektif. Setelah lulus, kamu bisa bekerja di bidang hubungan masyarakat hingga agensi kreatif.

2. Hubungan Internasional

Jauh dari kata matematika, kamu akan belajar bagaimana caranya berdiplomasi sekaligus mempelajari alur politik internasional. Secara lebih jauh, mata kuliah kamu juga nggak jauh-jauh dari bahasa dan kebudayaan asing dalam berbagai aspek kehidupan.

Kamu perlu menguasai aspek studi di atas dengan peluang kerja yang luas, seperti diplomat, duta besar, maupun instansi nasional dan internasional.

3. Bahasa dan Sastra

Jurusan kuliah yang tidak ada matematika ini memang erat dengan literatur dan hubungannya jauh sekali dengan matematika. Jika memilih jurusan Bahasa, kamu akan belajar dasar, teori, dan praktik dalam tata bahasa. Mata kuliahnya juga termasuk EyD, gaya bahasa, kepenulisan, kalimat efektif, dan sebagainya.

Di area sastra, kamu akan bertemu karya-karya indah yang disusun berdasarkan konsep tertentu sehingga tidak sembarangan. Hal ini akan kamu terapkan pada pementasan puisi, syair, kisah serta asal-usul, dan sebagainya.

jurusan kuliah yang tidak ada matematika

4. Ilmu Hukum

Hampir seluruh waktu belajar kamu akan dihabiskan dengan analisis dan teori hukum berdasarkan undang-undang yang berlaku. Nggak cuma itu, kamu juga mendapatkan kesempatan praktik selayaknya menangani kasus di pengadilan. Tidak ada pelajaran matematika yang akan memberatkan kamu.

Setelah lulus sebagai sarjana, kamu bisa bekerja di firma hukum, kejaksaan, pengadilan, notaris, dan sejenisnya. Beberapa memang memerlukan gelar S2 sebelum kamu harus menjalaninya sebagai pekerjaan tetap.

5. Kriminologi

Jurusan Kriminologi memang terbilang jarang di Indonesia. Tetapi, kamu akan belajar banyak dari pencampuran antara hukum dan nilai sosial. Beberapa konsep yang harus dikuasai adalah pemikiran kritis, menganalisis data, evaluasi bukti, serta penilaian etis.

Di lapangan, kamu akan mengelola perilaku sosial masyarakat pada suatu kasus kemudian melakukan penelusuran sampai menemukan solusi. Luar biasa, kan?

6. Filsafat

Meskipun tidak tertarik dengan unsur matematika, kondisi ini nggak menghalangi kamu untuk belajar berpikir kritis, bukan? Selain berpikir secara kritis, paling tidak kamu sangat menyukai diskusi, membaca, dan menulis untuk memperkaya pengetahuan.

Di sini, kamu akan belajar soal teori penciptaan alam semesta, hakikat kehidupan manusia, sekaligus topik-topik yang luas untuk dikaji. Jauh dari aspek matematika, nyatanya kamu bisa menjadi pemikir dan pendidik di masa depan.

7. Sosiologi

Program studi ini akan memberikan banyak pembahasan tentang manusia sekaligus perilakunya berdasarkan konsep makhluk sosial. Selain itu, beberapa topik lain yang akan kamu temui adalah karakteristik, struktur, fenomena, serta permasalahan sosial.

Umumnya, kamu menemukan bahwa keilmuan ini juga bisa terbagi lagi menjadi beberapa jurusan peminatan, yaitu lingkungan, pembangunan, ekonomi, gender, maupun industri. Kamu bisa mempertimbangkannya kalau belajar IPS selama SMA atau memang menyukai lingkup materi tersebut.

8. Sendratasik

Merupakan gabungan akronim dari beberapa jurusan dan kepanjangannya adalah Seni Drama, Tari, dan Musik. Tidak lupa dengan adanya jurusan Seni Musik yang masih berhubungan dengan program studi sejenisnya.

Secara umum, masing-masing dari kamu yang masuk ke jurusan seni sangat ingin mengekspresikan hobi, minat, dan kemampuan di bidang seni. Selain belajar sejarah maupun teori, ada banyak praktik dan proyek tugas invididu serta kelompok yang menarik untuk dilakukan.

9. Desain atau Animasi

Jurusan Desain Grafis, Desain Komunikasi Visual, atau Animasi akan lebih banyak berurusan dengan gambar atau animasi visual ketimbang menghitung. Apalagi kalau kamu memang sudah menyukai bidang ini dan mempelajarinya secara mandiri sejak lama.

Desain Grafis akan belajar konsep sekaligus praktik untuk membuat desain bertujuan tertentu. Sedangkan, DKV berfokus pada bagaimana memvisualisasikan komunikasi supaya mudah dipahami. Animasi sendiri akan membawa kamu menjadi animator bagi garapan film, game, atau proyek 3D.

10. Ilmu Sejarah

Dari Ilmu Sejarah, kamu akan belajar banyak peristiwa yang terjadi di masa lalu, baik dari Mesir, Romawi, Yunani Kuno, sampai modern. Selain mendapatkan banyak pengetahuan, kamu diajak mengkritisi hubungannya dengan kondisi saat ini.

Setelah lulus dari Ilmu Sejarah, kamu dapat menjadi sejarawan yang andal, dosen, maupun pengajar di sekolah-sekolah.

Itulah beberapa jurusan kuliah yang tidak ada matematika dan bisa kamu pikirkan matang-matang untuk menjadi bagian dari lulusannya. Meskipun tidak berkaitan dengan menghitung, kamu akan belajar banyak wawasan untuk tetap berpikir kritis dan mempraktikkannya dalam kehidupan setiap hari.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *