Menu
Temukan Berbagai Macam Artikel Informatif hanya di Alpabet.ID

10 Jurusan Kuliah yang Sulit Mendapat Pekerjaan

  • Bagikan
Jurusan Kuliah yang Sulit Mendapat Pekerjaan Alpabet

Sebagian besar anak muda menginginkan prospek jenjang karir yang pasti sukses di masa depan. Namun, nyatanya masih ada beberapa jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan akibat keterbatasan lapangan pekerjaan di lapangan. Apa saja jurusan yang dimaksud?

Jika dipikirkan kembali, tentu semua jurusan mempunyai keunggulannya masing-masing. Namun, memang ada beberapa di antaranya yang menjanjikan peluang kerja lebih kecil sehingga kamu harus bekerja lebih keras lagi di masa depan. Apa saja jurusan itu?

Bahasa dan Sastra

Biasanya, jurusan ini sungguh cocok untuk kamu yang ingin menjadi penulis, sastrawan, atau penyair di Indonesia. Nggak heran, Bahasa dan Sastra juga masih erat hubungannya dengan seni. Ada banyak lulusan Bahasa dan Sastra yang berhasil menjadi penyair maupun penulis terkenal.

Namun, perlu kamu ingat kalau tidak banyak perusahaan besar yang mencari tenaga kerja dari lulusan tersebut. Persentase penganggurannya sampai saat ini sudah mencapai 9,2%.

Filsafat

Lulusan Filsafat banyak menghasilkan orang-orang kritis dan tergolong pemikir. Kalau ditimbang-timbang, seharusnya tenaga kerja ini bisa mengerahkan kemampuan analisis untuk bidang-bidang penting untuk perusahaan besar.

Namun, cukup disayangkan karena kamu harus bersaing dengan lulusan lain yang bergelar lebih spesifik bagi lapangan kerja tertentu. Hal ini menyebabkan sebanyak 10,8% pengangguran yang berasal dari jurusan Filsafat.

Seni Teater

Jurusan ini juga terhitung sulit memberikan peluang pekerjaan di tengah-tengah pencari kerja yang berasal dari jurusan beragam. Oleh sebab itu, alternatif yang sering diambil adalah membangun komunitas untuk melakukan pertunjukkan.

Kamu perlu tahu bahwa tantangan lainnya adalah persiapan teater yang cukup rumit sehingga pementasan ikut jarang dilaksanakan. Keadaan ini menjadi penyebab minimnya pemasukan dari pertunjukkan teater tersebut.

Arkeologi

Merupakan ilmu yang mempelajari kebudayaan kuno dan sudah punah. Jika didalami dengan baik, kamu akan merasa senang untuk mempelajari hal-hal yang menakjubkan. Tetapi, peminatnya semakin menurun dari waktu ke waktu karena pengaruh modernisasi maupun globalisasi.

Banyak anak muda yang berpikiran bahwa jurusan lain memberikan peluang kerja lebih besar ketimbang Arkeologi. Hal ini menyebabkan 10,5% lulusan menganggur dan masih berupaya mencari pekerjaan.

Musik

Umumnya, kamu hanya ingin menyalurkan hobi, kemampuan, bakat, dan minat jika bergabung ke jurusan Musik. Tentu akan terasa menyenangkan jika kamu mendalami lebih lanjut seputar hal-hal yang disukai sejak lama. Banyak di antaranya yang berhasil memasarkan karya dan menghasilkan pendengar.

Selain itu, ada yang berhasil menjadi pengajar musik atau bagian dari orchestra. Meskipun demikian, Musik masih saja menjadi jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan. Ada yang masih saja menganggur dengan sebarannya mencapai 9,2%.

Seni Rupa

Tidak jauh-jauh dari seni, lulusan dari jurusan Seni Rupa biasanya menjadi pekerja seni atau perupa dengan karyanya masing-masing. Mata pencaharian yang dominan memang patung, lukisan, pahatan, dan sejenisnya.

Kondisi itu bisa terjadi karena perusahaan besar maupun lapangan kerja lebih memperhatikan lulusan yang sesuai dengan bidangnya. Beberapa menjadi kesulitan dan persentase pengangguran dari hingga saat ini mencapai 12,6%.

Antropologi

Jurusan yang satu ini akan membawa kamu kepada kebudayaan, suku, dan pengaruh sosial masyarakat di seluruh dunia. Antropologi menjadi salah satu rumpun sosial yang memberikan banyak wawasan seputar kehidupan di luar sana.

Meskipun begitu, banyak lulusan yang tidak bekerja sesuai dengan bidangnya. Ditambah dengan persaingan ketat yang akan kamu hadapi dalam mencari pekerjaan. Pengangguran yang berasal dari jurusan Antropologi telah berada di angka 10,2%.

Ilmu Sejarah

Ada banyak ahli sejarah yang sudah berhasil mengungkap fakta-fakta di dunia. Apakah kamu ingin menjadi salah satunya? Tentu tidak masalah, tetapi sayangnya jurusan ini sudah tergolong susah memperoleh pekerjaan.

Lapangan pekerjaan yang umumnya dilakoni oleh lulusan Ilmu Sejarah adalah pendidik atau pengajar, seperti guru dan dosen. Berdasarkan data yang ada, jumlah pengangguran dari lulusannya sudah sebesar 10%.

Peternakan

Sebagai lulusan peternakan, kamu akan mengantongi banyak ilmu soal hewan-hewan ternak yang mampu meningkatkan keberhasilan berbagai industri. Meskipun demikian, sebagian besar merasa kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan dari lowongan kerja yang dibuka perusahaan incarannya.

Oleh sebab itu, tidak heran kalau kamu akan condong memikirkan cara terbaik untuk membuka usaha sendiri atau berwirausaha sesuai bidang pekerjaan dari lulusan peternakan. Tidak menutup kemungkinan kalau bisnismu bisa tersebar ke berbagai wilayah, lho.

Pertanian

Jurusan Pertanian akan mempelajari seluk beluk dunia pemanfaatan sumber daya alam dalam menentukan kesejahteraan manusia. Namun, beberapa beranggapan bahwa praktiknya memang lebih cocok untuk daerah-daerah khusus, seperti pedesaan.

Hal inilah yang menjadi penyebab kurangnya tenaga kerja berbasis Sarjana Pertanian di kota. Jika demikian, mereka harus bersaing dengan lulusan lainnya di sebuah perusahaan perkotaan.

Beberapa program studi di atas memang tergolong jurusan kuliah yang sulit mendapat pekerjaan. Namun, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa kamu bisa bekerja di tempat yang bonafit dan menunjang kesuksesan kamu, apa pun jurusannya. Tetap semangat dan berjuang!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *