11 Jenis Jurusan Kuliah dan Pekerjaannya

Mungkin sebagian besar dari kamu sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan di bangku kuliah dengan memperhatikan peluang kerja yang pasti. Nggak perlu kebingungan lagi karena tulisan di bawah ini akan memberikan informasi seputar jenis jurusan kuliah dan pekerjaannya.

Teknik kimia

Jurusan ini mengajarkan ilmu terapan dalam merancang, membangun, serta melaksanakan operasi suatu pabrik dalam pengolahan bahan baku mentah menjadi produk lewat proses kimiawi. Kamu akan memahami fluida, kimia analitik, termodinamika, kalkulus, sampai manajemen proyek.

Prospek karir yang akan kamu raih adalah peneliti, biro konsultan, hingga chemical engineer bagi perusahaan pengolahan minyak dan gas alam.

Agroekoteknologi

Merupakan jurusan yang masih jarang tersedia di kampus Indonesia. Sangat direkomendasikan untuk kamu yang menyukai bidang-bidang pertanian, hama tumbuhan, hingga pelestarian lingkungan. Kamu akan didorong untuk menerqpkan dan mengembangkan berbagai pengetahuan yang diberikan.

Indonesia masih banyak membutuhkan tenaga kerja ini untuk berada di area industri perkebunan, lembaga swadaya masyarakat, instansi pemerintah, dan lain-lain.

Akuntansi Bisnis

Akuntan dibutuhkan unttuk meningkatkan perkembangan bisnis dalam adaptasinya dengan teknologi. Skill dan pengetahuannya memang diasah menjadi tenaga profesional yang siap mental untuk melakoni dunia bisnis di perusahaan,

Beberapa pekerjaan yang akan kamu temui adalah akuntan, credit control manager, auditor, akuntan publik, perencana bisnis yang berkelanjutan bagi bisnis atau perusahaan, dan analis keuangan kuantitatif.

Arkeologi

Apakah kamu anak IPS dan menyukai mata pelajaran sejarah? Jurusan ini tentu cocok buat kamu karena banyak menganalisis sejarah berdasarkan masyarakat kuno yang belum mengenal angka dan huruf. Meskipun tidak banyak universitas yang menghadirkan program studi ini, prospeknya sungguh besar.

Lulusan Arkeologi bisa mencari banyak peluang dengan menjadi arkeolog bagi pemerintah, penulis perjalanan, sejarawan, konservator, antropolog, hingga juru arsip.

Kesehatan Masyarakat

Jurusan ini akan mempelajari soal masalah kesehatan dan bagaimana cara mengatasinya. Beberapa mata kuliah yang bakal kamu temui adalah epidemiologi, administrasi, gizi dan kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan, dan biostatistika.

Dalam hal lapangan pekerjaan, lulusan Kesehatan Masyarakat mampu menjadi instruktur konselor, peneliti, konsultan kesehatan di Dinas Kesehatan dan tempat lainnya, konsultan gizi, serta asuransi.

Teknik Lingkungan

Fokus dari jurusan ini adalah pengetahuan untuk menjaga lingkungan hidup dalam menjamin kesehatan manusia dan biasanya dapat berupa penanganan pencemaran atau pengadaan air bersih. Mata kuliah pendukungnya adalah kimia, matematika, ilmu kesehatan, sampai pengolahan air limbah.

Jenis jurusan kuliah dan pekerjaannya yang dapat kamu tekuni sebagai lulusannya adalah konsultan industri, lembaga pengelolaan dan pengawasan lingkungan hidup, lembaga pemerintah yang mengurusi lingkungan hidup, atau usaha mandiri.

Bahasa dan Sastra

Program studi Bahasa nyatanya ikut memberikan beberapa peluang pekerjaan di masa depan. Kamu dapat mengetahui lebih lanjut apa saja sejarah dan etimologi bahasa. Selain itu, kamu jadi lebih paham cara berkomunikasi yang efektif dengan pemakaian struktur dan tata cara kebahasaan.

Lapangan pekerjaan yang tersedia untuk kamu yang berkuliah di Bahasa adalah jurnalis, penerjemah bagi perusahaan pemerintah maupun multinasional, pramugari, relation officer, maupun sales dan marketing.

Hubungan Internasional

Masih ada banyak instansi dan lembaga di Indonesia yang mencari tenaga profesional Hubungan Internasional. Di sini, kamu banyak belajar soal bahasa asing, diplomasi, politik internasional, pemahaman konflik pada negara, dan lain-lain.

Umumnya, lulusan jurusan ini banyak yang bekerja sebagai diplomat, konsultan imigrasi, jurnalis, wartawan, pengamat politik, hingga konsultan politik.

Ilmu Hukum

Tertarik untuk menegakkan hukum dan menghabiskan waktu untuk mengerjakan kasus hukum di Indonesia? Kamu bisa pertimbangkan untuk masuk ke jurusan populer yang satu ini. Beragam teori hukum akan dipraktikkan untuk mengasah kemampuan selama bekerja di masa depan.

Jenjang karir yang bisa kamu jalani nantinya adalah menjadi pengacara, hakim, notaris, jaksa, mendirikan jasa advokasi, staf legal, dan sebagainya.

Farmasi

Merupakan ilmu yang memberikan materi seputar peracikan dan pembuatan obat-obatan. Kamu nggak akan merasa asing dengan mata kuliah berbau fisika, kimia, biologi, ilmu resep, dan kimia farmasi. Biasanya, kamu akan menjalani banyak praktikum untuk membuat berbagai jenis obat.

Hal ini menandakan lingkup kerja yang tidak terbatas di industri kesehatan. Selain menjadi apoteker, kamu mampu meniti karir di perusahaan kosmetik dan kecantikan, jasa perdagangan, lembaga penelitian, sampai laboratorium klinis.

Pendidikan

Jurusan ini membantu kamu mempelajari seluk beluk penyusunan kurikulum yang selama ini dipakai di sekolah hingga cara mengajar yang efektif. Selain itu, kamu juga perlu mengadaptasikannya dengan perkembangan teknologi saat mempraktikkannya dalam proses keguruan.

Selain menjadi seorang guru atau pendidik, karirmu tetap terbuka sebagai aktivis pengembangan karakter, staf lembaga sosial, hingga pembimbing bagi lembaga pendidikan khusus.

Itulah beberapa jenis jurusan kuliah dan pekerjaannya sebagai gambaran bagi kamu untuk mempersiapkan diri masuk ke jenjang pendidikan tinggi. Masing-masing jurusan sudah pasti punya peluang karir yang beragam untuk masa depanmu.

Tinggalkan komentar