Menu
Temukan Berbagai Macam Artikel Informatif hanya di Alpabet.ID

Cara Memilih Jurusan Kuliah Agar Tidak Menyesal

  • Bagikan
cara memilih jurusan kuliah

Memilih jurusan kuliah ketika masih duduk di bangku kelas 3 SMA/SMK memang sangat penting agar nantinya tidak menyesal maupun merasa salah jurusan. Ada beberapa tips dan cara memilih jurusan kuliah yang ditinjau dari beberapa aspek.

Sangat penting untuk melihat beberapa aspek berikut agar ketika menjalani dunia perkuliahan tidak terlalu kaget dengan hal-hal yang dihadapi. Disisi lain juga harus disesuaikan dengan kemampuan diri sendiri dan poin penting lainnya.

Kenali Potensi Masing-Masing

Setiap orang tentu memiliki potensi yang ada di dalam diri masing-masing dan biasanya ada yang menyadarinya, ada juga yang tidak menyadari potensi tersebut. Sebelum memutuskan untuk memilih jurusan kuliah, ada baiknya untuk memahami potensi dan kemampuan yang dimiliki.

Apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan patut dipikirkan dengan sebaik-baiknya. Sebagai contoh jika kamu lemah terhadap hitung-hitungan, maka hindari jurusan kuliah yang berhubungan dengan hal tersebut karena bisa saja menyulitkan diri sendiri, kecuali jika bersungguh-sungguh bisa melewatinya.

Berkonsultasi Terlebih Dahulu

Konsultasi sebelum menentukan jurusan kuliah juga sangat penting dilakukan. Kamu bisa berkonsultasi dengan orang tua, guru di sekolah, alumni dan orang-orang yang memang bisa memberikan solusi terbaik atas permasalahan ini.

Jangan sekali-kali mengambil jurusan kuliah sesuai dengan keputusan diri sendiri tanpa berkonsultasi dengan banyak orang. Dengarkanlah masukan, saran maupun cerita dari orang-orang yang pernah berada di jurusan tersebut agar nantinya mendapatkan gambaran yang lebih jelas.

Setelah mengetahui gambaran yang jelas, maka kamu bisa mengetahui tantangan apa yang akan dihadapi ketika nantinya memilih jurusan tersebut. Apakah kamu sanggup melewatinya atau kesulitan untuk menyelesaikannya dan berujung menunda waktu kelulusan.

Lakukan Riset Mendalam

Setelah mendengarkan cerita dari banyak orang dan melakukan konsultasi, tahapan selanjutnya adalah melakukan riset. Riset disini berkaitan dengan jurusan yang hendak dipilih dan universitas yang memiliki program jurusan tersebut.

Ketika melakukan riset kampus, ada baiknya memperhatikan akreditasi dari jurusan yang hendak dipilih. Ini sangat penting karena jika akreditasinya baik, maka proses pembelajaran dan pengajarnya baik juga. Selain itu, cari informasi terkait fasilitas dan program dari kampus tujuan.

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan ketika melakukan riset adalah riset terkait biaya yang harus dikeluarkan selama masa studi. Apakah biaya yang tercantum sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan atau tidak.

Pahami Konsekuensinya

Cara memilih jurusan kuliah selanjutnya adalah memahami konsekuensi yang akan didapatkan kedepannya. Seperti yang telah diketahui banyak orang bahwa setiap jurusan pasti memiliki kesulitan masing-masing dan inilah yang harus diperhatikan.

Sebagai contoh jika kamu memilih jurusan Matematika, konsekuensinya adalah akan menghadapi rumus perhitungan yang lebih rumit dibandingkan ketika masih duduk di bangku SMA. Berbeda lagi jika di jurusan seperti Teknik Sipil, maka harus siap ketika terjun di lapangan.

Perkirakan Biaya yang Harus Dikeluarkan

Pada dasarnya biaya kuliah jurusan tertentu antara universitas satu dengan yang lain berbeda-beda, meskipun perbandingannya tidak terlalu jauh. Biasanya perbedaan biaya kuliah ini tergantung dari akreditasi, fasilitas kampus, status sebagai negeri/swasta dan lain sebagainya.

Penting untuk membandingkan perkiraan biaya yang dikeluarkan selama masa studi sesuai jurusan masing-masing. Tujuannya adalah agar ketika berjalan nanti tidak terhambat oleh masalah dana. Kamu juga wajib berusaha untuk lulus tepat waktu atau lebih cepat lebih baik untuk menghemat biaya.

Biaya kuliah disini tidak hanya pembayaran setiap semesternya saja, melainkan kebutuhan lain seperti kos, mengikuti kegiatan kampus dan lain sebagainya. Semuanya harus dipikirkan baik-baik dan sebisa mungkin memiliki dana lebih untuk digunakan sebagai dana darurat.

Memiliki Motivasi yang Kuat

Sangat penting untuk memiliki motivasi diri yang kuat untuk memilih jurusan agar nantinya tidak terjadi penyesalan. Tanyakan kepada diri sendiri apa motivasi terkuat yang membuat kamu ingin sekali masuk ke jurusan tersebut, apa tujuan terbesar memilih jurusan itu dan sebagainya.

Jika tidak memiliki motivasi diri yang kuat, nantinya di tengah perjalanan merasa salah jurusan, tidak sanggup mengikuti rangkaian pelajaran dan tidak ada niat untuk melanjutkan studi. Hal-hal seperti ini pada akhirnya akan berdampak pada IPK dan tentunya nasib masing-masing.

Memberikan Waktu Kepada Diri Sendiri untuk Berpikir

Terakhir yang bisa kamu lakukan agar bisa memilih jurusan dengan tepat adalah memberikan waktu kepada diri sendiri. Carilah waktu untuk memikirkan seluruh informasi yang telah didapatkan sebelumnya dan jangan terburu-buru untuk mengambil keputusan.

Ketika memberikan waktu kepada diri sendiri untuk berpikir, sebaiknya hindari pertemuan dengan rekan sebaya yang sama-sama hendak masuk dunia perkuliahan. Milikilah pendirian diri yang kuat agar tidak terpengaruh dengan orang lain yang bisa mempengaruhi hasil keputusanmu sendiri.

Setelah mengetahui dan memahami cara memilih jurusan kuliah yang tepat, sekarang kamu bisa mulai berpikir mana sekiranya jurusan yang tepat untuk diri sendiri. Jangan lupa untuk melakukan komunikasi dengan kedua orang tua karena itu sangat penting.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *